BREAKING NEWS

[5]

Hamba Teristimewah

Islam memang bukan agama yang pertama kali diturunkan. Tapi islam adalah agama sepanjang masa, agama yang telah menduduki kategori umat terbanyak didunia. Islam adalah agama yang harus diperjuangkan dan dipertahankan karena didalam islam banyak sekali pedoman-pedoman hidup yang sangat tepat untuk dijadikan pedoman didunia. Jauh sebelum islam menguasai dunia, Allah munurunkan agama ini bukan dengan nama islam melainkan dengan nama samawi atau yang biasa kita kenal dengan tauhid. Mempercayai tuhan hanya satu, melaksanakan apa yang diperintahkan dan menjauhi segala larangan. Sementara mayoritas penduduk yang lain beragama yahudi dan nasrani. Mereka percaya bahwa tuhan itu ada, mereka percaya tentang kaidah-kaidah yang telah diberikan, tetapi dari semua itu mereka tidak mau melaksanakan apa yang diperintahkan didalamnya. Namun, yang saat ini di gemparkan oleh penduduk dunia telah dijelaskan bahwa islam itu turun jauh sebelum nabi Muhammad dilahirkan, lalu mengapa islam baru berjaya justru saat nabi Muhammad berumur puluhan tahun, mengapa tidak saat nabi-nabi sebelumnya!. Apakah beliau-beliau lebih lemah dari Rasulullah ?, apakah beliau-beliau tidak seistimewah Rasulullah ?, Dan bagaimana Rasulullah bisa disebut Pemersatu Umat ?
Nah, sebelum kita membahas semua pertanyaan diatas, marilah kita membahas tentang siapa Nabi Muhammad itu ?, mengapa beliau begitu istimewah dimata Allah ? , dan mengapa beliau yang Allah pilih untuk memimpin dunia, membawa islam didunia ?. dalam surat an nisa’ ayat 59 berbunyi :

Nabi Muhammad sudah tidak asing ditelinga kita bukan ? Nama asli beliau adalah Muhammad Bin Abdullah, ia lahir pada pada 12 Rabiul Awwal atau 21 April (570/571 masehi) saat abrahah dan pasukan gajahnya hendak menghancurkan ka’bah, Akan tetapi misinya gagal sebab Allah sudah lebih dulu mengirimkan burung ababil (burung raksasa) untuk menghancurkan mereka. Ia lahir dari rahim seorang ibu yang bernama sayyidatina Aminah binti wahab, yang kemudian wafat saat ia berumur kurang lebih 10 tahun. Dan abahnya bernama Abdullah bin Abdul Mutholib dari suku Quraisy. Muhammad sejak kecil tinggal dipedesaan yang jauh dari keramaian kota, alasannya hal seperti itu sudah menjadi tradisi orang-orang Arab sejak dulu, agar seorang anak mendapatkan suasana desa yang masih asri. Muhammad seorang laki-laki yang tangguh, gagah, berani, dan bijaksana, sejak kecil ia mengembala, lalu saat remaja ia pergi berdagang, hingga akhirnya ia dipercaya majikannya untuk berangkat berdagang sendiri, hal itu adalah ide khadijah untuk menguji kejujuran Muhammad. Muhammad adalah seorang yang jujur, halus tutur katanya, ia begitu dipuji oleh kaumnya karena kejujurannya. Hingga ia (Muhammad) mendapatkan gelar “Al-Amin”, orang yang dapat dipercaya. Semakin bertambah kekagumannya kepada Muhammad, sehingga khadijah menyampaikan rasa sukanya terhadap Muhammad melewati pembantunya dan finally Muhammad  menerima lamaran khadijah yang pada saat itu berumur 40 tahun dan Muhammad sekitar 25 tahun, setelah lam berkeluarga Muhammad mendapatkan wahyu pertama kali pada usia 40 tahun yakni surat al-Alaq 1:5 yang pada saat itu ia berada dalam gua hiro’ untuk berkhalwat, bermunajat serta bertafakkur dalam mencari kebenaran dan memikiran mekkah. Setelah itu Muhammad menyebarkan ajaran islam secara diam-diam  kepada orang-orang terdekat yang dikenal sebagai “Assabiqunal Awwalun” (Orang-orang yang pertama masuk islam) dan kemudian secara terbuka kepada seluruh penduduk mekkah setelah turunnya wahyu al-qur’an surat al-hijr ayat 94.
            Semenjak kenabian dan kerasulan beliau, sifat-sifat beliau dapat dijadikan pedoman seperti  halnya dengan kedermawanan, kesederhanaan, kejujuran, keikhlasan dalam menghadapi cobaan, ketekunan dan kesabaran dalam berdakwah, dan lain sebagainya. Pernah diceritakan, Suatu ketika Rasulullah pulang pada waktu pagi, tentulah beliau amat lapar, tetapi dilihatnya tidak ada apapun yang ada untuk dibuat sarapan, yang mentah pun tidak ada karena istrinya (sayyidatina Aisyah) belum kepasar. Maka beliau SAW bertanya “ belum ada sarapan ya khumairo ?”(panggilan untuk istri tercinta). Aisyah menjawab dengan merasa serba salah “Belum ada apa-apa ya Rasulullah”. Rasulullah SAW lantas berkata, “kalau begitu saya puasa hari ini.” Tanpa sedikitpun rasa kesal diwajahnya.
Dan pada suatu ketika Rasulullah menjadi imam sholat, dilihat oleh para sahabat, pergerakan beliau antara satu rukun ke satu rukun yang lain amat sukar sekali, mereka mendengarkan bunyi kemeruntuk yang seolah-olah sendi pada tubuh beliau bergeser antara satu sama lain. Sahabat umar yang tidak pernah melihat keadaan beliau itu langsung bertanya setelah sholat “
“Ya Rasulullah, kami melihat solah-olah tuan menanggung penderitaan yang amat berat, apakah engkau sakit ya Rasulullah ?”
“Tidak ya Umar, Alhamdulillah saya sehat dan segar.” Jawab beliau
“Ya Rasulullah, mengapa setiap kali baginda menggerakkan tubuh, kami mendengar seolah-olah sendi bergesekan ditubuh baginda ? “
Kami yakin engkau sedang sakit, desak Umar penuh cemas.
Akhirnya Rasulullah mengangkat jubahnya. Para sahabat pun terkejut ketika melihat perut-perut beliau yang kempis, kelihatan dililit sehelai kain yang berisi batu krikil, untuk menahan rasa lapar.
“Ya Rasulullah ! adakah bila baginda menyatakan lapas dan tidak punya makanan, kami tidak akan mendapatkannya buat baginda ?
Lalu beliau menjawab dengan lembut dan tersenyum,
“Tidak para sahabatku, saya tahu apapun akan kalian korbankan demi rasulmu, tetapi apakah yang akan saya jawab dihadapan Allah nanti, apabila saya sebagai pemimpin menjadi beban bagi umatnya ?. “Biarlah kelaparan menjadi hadiah Allah buatku, agar umatku tiada yang kelaparan didunia ini, lebih-lebih lagi tiada yang kelapanan diakhirat kelak.
Subhanallah.... betapa cintanya beliau kepada kita, bagaimana cinta kita kepada beliau ? apakah kita sering ingat beliau ?.
Beliau lah yang banyak berkorban demi islam, agama sepanjang zaman dan lautan. Agama yang seperti manusia yang jika bertanya dimana ujung lautan, maka ia tak akan pernah menemukannya. Islam adalah agama Allah maka barang siapa yang menghina islam, maka ia sama saja menghina Allah S.W.T.
Dari penjelasan dan cerita diatas dapat kita simpulkan bahwa Rasulullah sangatlah patut untuk dijadikan panutan semua orang, untuk dijadikan pemimpin pemersatu umat dari semua kalangan dan beliau pantas mendapatkan julukan hamba teristimewah dari Allah SWT. Beliau tidak mengenal Ras, Agama, miskin maupun kaya untuk mempersatukan umat-umat beliau agar mengikuti ajarannya, beriman kepada Allah, mempercayai tuhan hanya Allah, mengikuti perintah Allah, menjauhi segala larangan Allah, meskipun disana dan disini beliau selalu dicaci maki, dianiayaya dan sebagainya. Beliaulah pemimpin islam yang adil, yang baik, dan permersatu umat islam terbaik didunia ini. Seperti dalam suatu hadist Rasulullah memuji umatnya karena beliau begitu cinta dan sayang terhadap umatya.
Sebaik-baiknya umatku adalah pada masaku, kemudian orang-orang setelah mereka, kemudian orang-orang setelah mereka. (HR. Bukhari)
Hamba Teristimewah Hamba Teristimewah Reviewed by Unknown on 8:00 AM Rating: 5

No comments:

Bagai Mana Menurut anda..?

Sora Templates