BREAKING NEWS

[5]

SEJARAH MA UNGULAN


SEJARAH MA UNGULAN
Madrasah Aliyah Unggulan Darul ‘Ulum didiikan ada tahun 1991 dengan nama Madrasah Aliyah Keagmaan atau Madrsah Aliyah Program Kusus (MAK atau MA-PK).bersmaan dengan berdirinya Madrasah Tsanawiyah Program Kusus(MTS-PK).
Awalnya Mts pk dan MAK adala satu progam ,sehinggaanak ulusan mts-pk yang neruskan sekolah dima-pk dan meneruskan program yang sama, yaitu dalam bidang keagmaan .
Ma-pk didirikan dengan system basic agama islam,seperti halnya MAKN jember, MAKN solo atau sekolah lain yang sudah ebih duluterkenal.
Dari paragraph ditas mungkin akan terlintas suatu oertanyaan,mengapaharus didirikan Ma-pk? Buankah di darul ulum sudah ada MAN Rejosodan masih banyak sekolah lain . selain itu ,bukankah Darul ‘Ulum adalah sebuah Pondok Pesantren yang jugamenerapkan system disiplin agama?
Mungkin pendapat semacam itu bisa dianggap benar .tapi dibalik itu semua para pedri ma-pk pnya pendapat lain,yaitu karena pada waktu itu di dual ‘ulum sudah banyak berdiri sma dan sederajat yang berbasic umum,sehingga para kyai yang pada waktu itu ketua majelisnya masih di pegang oleh kyai Rifa’i merasa budaya salaf dan intelegensi idang keagamaan mulai berkurang karena terus diggurs oleh perkmbangan ilmu umum.
Oleh karena dasakanitu akhirnya tercetuslah harapan para kyai utuk mempertahankan ilmu agama ,yaitudeganmendirikan sekolah agama yang akhirnya diberi nama Mts pk dan MA-pk .
Akhirnya pada tahun 1991 Kedua sekolah itu berdiri kokoh di sebelah timur lapangan uta,a pondok pesantren Darul ‘Ulum.
Dalam perkembanganya ma-pk jua mengalami jatuh bangun seperti anak kecil yang s mencoba belajar berdiri .
Untuk membentuk sekolah ang benar- benar agama,maka didatangkanlah guru-guru yang sudah terkenal dalam bidang agama ,dan berpendidikan tinggi bahkan tidaksedikit dari mereka yang bergelar .lc
Begitulah perjalanan ma-pk dalm pekembanganya hingga akhirnya pada tahun 2005 .MA-pk menjalin kerja sm dengan Depag RI dan IDB danakhirnya terbenuklah MA Unggulan Darul’ Ulum Step-2 IDB
SEJARAH MA UNGULAN SEJARAH MA UNGULAN Reviewed by Unknown on 8:50 AM Rating: 5

No comments:

Bagai Mana Menurut anda..?

Sora Templates